Wednesday, April 4, 2018

8 Gerakan dan Cara Melakukan Sit Up Yang Benar

Sit Up


Melakukan aktivitas fisik selain menyenangkan juga menyehatkan. Berbagai macam gerakan dapat dicoba tentu dengan manfaat dan tujuan yang berbeda pula. Maukah Anda mengetahui suatu gerakan olahraga yang besar manfaatnya tetapi sangat mudah dilakukan dimana saja? Jawabannya adalah sit up. Pada artikel kali ini, penulis akan membagikan bagaimana cara melakukan sit up dengan yang baik serta benar.

Olah raga satu ini memang banyak sekali peminatnya, karena tidak memerlukan biaya atau alat yang mahal untuk melakukannya.  Sit Up dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Bagi anda yang ragu ingin melakukan sit up karena tidak tau akan caranya, disni penulis menyediakan beberpa cara melakukan agar otot perut Anda dapat dengan cepat terbentuk menjadi lebih langsing dan kencang untuk wanita dan lebih berotot atau menjadi six pack untuk pria. Simak ulasannya berikut ini.


Cara Sit Up Yang Benar

  1. Pastikan Anda menggunakan alas atau matras. Matras akan mengurangi gesekan kulit Anda dengan lantai yang akan memberikan sensasi panas dan tidak nyaman. Pemilihan matras sebaiknya tidak terlalu tebal karena akan membuat berat dalam melakukan sit up.
  2. Posisikan badan Anda dalam kondisi berbaring. Tidak perlu tegang karena akan menyebabkan kram pada perut.
  3. Lipat kaki Anda sampai membentuk segitiga atau posisi yang Anda anggap sudah nyaman.
  4. Letakkan tangan pada belakang tengkuk.
  5. Angkat badan Anda menggunakan otot perut. Tangan sebaiknya tetap di belakang agar otot perut, pinggul, dan punngung bisa bekerja sempurna.
  6. Fokuslah pada pembentukan badan, bukan pada banyaknya sit up yang telah Anda lakukan. Ini cenderung lebih efektif karena gerakan sit up yang dilakukan terlalu cepat tanpa mempertimbangkan langkahnya tidak akan memberikan hasil yang optimal.
  7. Atur nafas Anda dengan baik agar tidak mudah lelah. Gunakan pernafasan hidung dalam mengambil oksigen dan gunakan mulut untuk mengeluarkan karbondioksida.
  8. Konsistenlah dalam melakukan gerakan sit up. Waktunya terserah Anda, bisa pagi setelah bangun tidur, siang hari saat istirahat, atau malam menjelang tidur.

No comments:

Post a Comment