Wednesday, April 4, 2018

Tips Agar Daya Ingat Selalu Kuat Dan Tajam

cara-agar-daya-ingat-selalu-tajam

Bila Anda merasa bahwa fungsi dan kemampuan otak Anda akhir-akhir ini mengalami penurunan, cobalah perhatikan seperti apa gaya hidup yang selama ini Anda jalani. Gaya hidup rupanya tak hanya mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh (fisik) kita, namun juga sangat mempengaruhi kondisi kesehatan otak dan pikiran kita.

Penurunan daya ingat dan kemampuan otak dapat disebabkan oleh pengaruh gaya hidup yang buruk, seperti terbiasa/banyak mengonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat, kurang konsumsi makanan-makanan sehat, jarang berolahraga, dan lain sebagainya.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan agar daya ingat kita selalu kuat dan tajam. Beberapa diantaranya yang cukup efektif untuk Anda lakukan adalah:
  1. Menghindari stres
    Stres merupakan salah satu penyebab utama menurunnya fungsi dan kemampuan otak. Stres dapat menurunkan kemampuan otak dalam berpikir, berkonsentrasi, dan mengingat.
    Stres yang berkepanjangan (terus-menerus) dapat berujung pada rusaknya memori otak. Saat stres, akan dilepaskan hormon stres kortisol. Hormon kortisol ini memiliki dampak yang buruk bagi hipocampus otak, memperkecil ukuran otak, membunuh sel-sel saraf otak, dan menghambat regenerasi sel-sel saraf yang baru.
    Untuk mengetahui lebih jelas seperti apa dampak buruk stres bagi otak, Anda harus membaca artikel berikut ini:
    Dampak Buruk Stres Bagi Otak
    Harus diakui, rutinitas yang super sibuk dan padat, ditambah lagi dengan tuntutan hidup dan pekerjaan yang cukup berat memang dapat membuat orang stres. Namun, bukan berarti kita boleh membiarkan stres untuk selalu membayang-bayangi kita. Seperti apapun kondisi kehidupan Anda, cobalah untuk menghindari stres.
    Kelola stres Anda dan perbanyaklah berpikiran positif agar Anda terhindar dari stres. Tak ada salahnya untuk rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari yang bisa memicu stres.
    Melakukan hobi atau aktivitas menyenangkan lainnya, berekreasi atau sekedar berkumpul bersama orang-orang tercinta juga dapat membantu untuk meringankan stres. Anda juga dapat mengalihkan stres Anda ke aktivitas yang lebih menyehatkan, seperti berolahraga. Olahraga tak cuma mampu menyehatkan tubuh, namun juga dapat menurunkan stres, membuat pikiran lebih rileks dan perasaan jadi lebih bahagia.
  2. Menjaga kualitas tidur
    Jagalah kualitas tidur Anda. Tidurlah dengan cukup dan nyenyak setiap harinya. Sejumlah studi menyebutkan bahwa, orang yang kurang tidur di malam hari, cenderung lebih mudah lupa (susah mengingat sesuatu), dibandingkan dengan orang yang cukup tidur.
    Tidur tak hanya mengistirahatkan tubuh Anda dari berbagai aktivitas fisik setelah lelah seharian bekerja, namun tidur juga merupakan cara untuk menyegarkan kembali memori dan pikiran Anda.
    Bagi mereka yang memiliki masalah susah tidur (insomnia), sebaiknya hindari menggunakan obat-obat tidur karena penggunaan obat-obat tidur yang terlalu sering dan bahkan tidak terkontrol justru dapat berakibat buruk pada otak.

No comments:

Post a Comment